Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

ANALISIS KESULIATAN BELAJAR MATERI TEMATIK SECARA DARING SISWA KELAS III SDN SAGA VI KABUPATEN TANGERANG

Rifda Nur Nabila (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
M. Azdi Dahlan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Nur Latifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Abstrak : Kesulitan belajar adalah suatu kelainan yang membuat individu yang bersangkutan sulit melakukan kegiatan belajar secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana faktor penyebab Kesulitan Belajar Materi Tematik Secara Daring Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri Saga VI Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini diambil melalui angket Google Form atau wawancara langsung kepada guru kelas dan siswa kelas III SD Negeri Saga VI Kabupaten Tangerang. Subjek penelitian ini berjumlah 29 yaitu 1 guru kelas dan 28 siswa. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif bertujuan untuk menceritakan suatu data, peristiwa atau fenomena yang di gali melalui wawancara mendalam dengan narasumber yang memiliki pengetahuan dan pemahaman serta pengalaman mendalam tentang fenomena tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik dibagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal merupakan faktor yang berasal atau disebabkan oleh dirinya sendiri. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar pribadi siswa, yaitu lingkungan, sarana-prasarana, serta guru. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Materi Tematik, Daring Abstract : The purpose of this study was to analyze the extent of the factors causing the difficulty of learning thematic material online for grade III students at Saga VI Elementary School, Tangerang Regency. The subjects of this study were 29, namely 1 class teacher and 28 students. Researchers in this study used a qualitative approach with descriptive methods aimed at telling data, events or phenomena that were explored through in-depth interviews with sources who have knowledge and understanding and in-depth experience of these phenomena. From the results of this study it can be concluded that the factors causing student learning difficulties in thematic learning are divided into two factors, namely internal and external factors, internal factors are factors that originate or are caused by themselves. While external factors are factors that come from outside the student's personality, namely the environment, infrastructure, and teachers. Keywords: Learning Difficulties, Thematic Material, Online

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...