PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 02 (2019): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

MOTEKAR (Motivator Ketahanan Keluarga) dan Pemberdayaan Keluarga Rentan

Viena Rusmiati Hasanah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dede Nurul Komariah (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Permasalahan kerentanan keluarga telah lama menjadi isu nasional yang penanganannya memerlukan kerja sama yang serius antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Berbagai upaya penanganan permasalahan kerentanan keluarga telah banyak dilakukan, namun penanganannya hanya dilakukan pada ranting permasalahan belum pada akar permasalahan. MOTEKAR adalah agen yang dibentuk oleh pemerintah daerah Jawa barat melalui DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) untuk melakukan program pendampingan dan pemberdayaan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan fungsi MOTEKAR yang dilaksanakan di masyarakat pada keluarga rentan perkotaan serta kendala yang dihadapi, khususnya di wilayah Kecamatan Babakan Sari Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendukung ketahanan keluarga, MOTEKAR melaksanakan fungsi motivator, fasilitator, inovator, dan dinamisator serta melakukan tugas mulai dari mengidentifikasi masalah, memberikan motivasi, memediasi, mendidik, merencanakan solusi, serta mengadvokasi keluarga rentan. Dukungan dan komitmen berbagai pihak terkait dalam penyelesaian masalah dan pengembangan program pembangunan ketahanan keluarga sangat dibutuhkan MOTEKAR dalam menyelesaikan tugasnya di lapangan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...