Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 6, No 1 (2022)

PRESTASI BELAJAR PENJASKES SISWA YANGMENGIKUTIDAN YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATANEKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT

Rademan, Rademan (Unknown)
Suarni, Wa Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan prestasi belajar Penjaskes antara siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat. Jenis penelitian ini merupakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) Sugiyono (2013) bahwa, mixed methods adalah suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif,valid, reliabel dan objektif. Sampel dari penelitian ini adalah 7 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat dan 7 siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat, mereka diambil dari populasi 19 siswa yang terdaftar di absen pada kelas XI IPS Muhammadiyah Kendari T.A 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji non-parametriks dengan metode Man Whitney U Test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisisnya diperoleh nilai Asymp sig. (2-tailed) 0.07 > nilai α0,05 yang berarti perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...