PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa

Abdul Rahman As Syakir (Universitas Lampung)
Maskun Maskun (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

This study aims to determine whether there is a significant influence student learning activities in mastery learning strategies (mastery learning) on the results of student learning in classroom history lessons Sumberjaya XI IPS SMAN 1 Academic Year 2016/2017. This study uses experiment with the design of One Shot Case Study. Based on quantitative data analysis using t-test, it can be concluded that there is significant influence student learning activities in mastery learning strategies (mastery learning) on the results of student learning in classroom history lessons Sumberjaya XI IPS SMAN 1 Academic Year 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Sumberjaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain One Shot Case Study. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji-t, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Sumberjaya Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar, pengaruh, mastery learning

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...