PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII

Muttaki Azali (Unknown)
Tontowi Amsia (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2018

Abstract

The purpose of this research is to find out the positive influence of Direct Instruction Learning Model on students' cognitive learning outcomes in Integrated Social Science Subject. This research applied True Experimental Design method. The data analysis technique in this research was carried out with quantitative data analysis technique by using t-test. Based on the data analysis of t-test, it showed that the hypothesis test of t-calculation = 11.45 ttable = 2.39, so H0 was rejected and H1 was accepted. The results of quantitative data analysis concluded that Direct Instruction Learning Model has a positive influence on students' cognitive learning outcomes in Integrated Social Science Subjects.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil thitung =11,45 ttabel = 2,39, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data Model Pembelajaran Direct Instruction berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu.Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran direct instruction, pengaruh

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...