Media Akuatika: Jurnal Ilmiah Jurusan Budidaya Perairan
Vol 1, No 3: Juli

Pengaruh Posisi Wadah dalam Media Pemeliharaan terhadap Konsumsi Pakan dan Pertumbuhan Juvenil Abalon (Haliotis asinina) yang Dipelihara Pada Sistem Flow Through dengan Menggunakan Pakan Makro Alga Jenis Gracillaria arcuata

Hendra, . (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Balubi, Abdul M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh posisi wadah dalam media pemeliharaan terhadap konsumsi pakan dan pertumbuhan juvenil abalon pada sistem flow through. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Sumber Laut Nusantara Desa Tapulaga Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara selama 2 bulan, mulai 7 Januari sampai 7 Maret 2016. Perlakuan pada penelitian ini yaitu posisi wadah mengapung (A), melayang di tengah (B) dan posisi wadah tenggelam ke dasar (C) disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Hewan uji dalam penelitian ini adalah juvenil abalon (H. asinina) dengan kepadatan 10 ekor/keranjang dan memiliki rata-rata panjang cangkang awal 35,0-39,75 mm. Hasil analisis ragam (ANOVA) menunjukkan posisi penempatan wadah dalam media pemeliharaan memberikan pengaruh nyata terhadap tingkat konsumsi pakan dan pertumbuhan bobot juvenil abalon H. asinina tetapi tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap purtumbuhan panjang cangkang. Pertumbuhan mutlak panjang cangkang menunjukkan nilai rata-rata tertinggi 1,64 mm, bobot tubuh 3,57 g dan konsumsi pakan 21,067 g. Kata Kunci : Juvenil abalon, Flow Through, Posisi Wadah Pemeliharaan, Konsumsi Pakan, Pertumbuhan.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Media Akuatika : Jurnal Ilmiah Jurusan Budidaya Perairan fokus dalam lingkup budidaya perairan meliputi perikanan air tawar, air payau dan air laut yang mencakup beberapa kajian, antara lain: 1. Nutrisi dan pakan ikan 2. Manajemen kesehatan ikan 3. Identifikasi parasit dan penyakit ikan 4. Teknologi ...