Kutubkhanah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Vol 20, No 2 (2020): Juli - Desember

Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun 1332M

Mhd Rasid Hamdi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Yuli Harti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Yanti Yanti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pendidikan Islam dewasa ini masih perlu upaya untuk menopang tumbuh dan berkembangnya perkembangan pendidikan Islam tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memotret kondisi perkembangan pendidikan Islam di era kejayaan Islam masa klasik sehingga banyak melahirkan tokoh-tokoh besar Islam berserta karyanya yang monumental.  Kondisi ilmu pendidikan Islam dewasa ini yang mengalami berbagai macam persoalan perlu segera diatasi dengan cara menumbuhkembangkan ilmu pendidikan Islam melalui serangkaian kajian penelitian yang melibatkan kajian tokoh intelektual muslim dari zaman klasik, pertengahan, sampai modern sekarang ini.  Salah satu tokoh yang berkiprah dalam dunia filosuf Islam ialah Ibnu Khaldun yang telah banyak menghasilkan buah karya dan eksistensinya dalam bidang keilmuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penulis dalam hal ini berupaya mengumpulkan data-data kepustakaan terkait Pwmikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun baik melalui buku-buku ataupun sumber lain seperti artikel atau penelitian-penelitian terdahulu yang terkait dengan topik tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Kutubkhanah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Kutubkhanah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 1998. Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Kutubkhanah memuat kajian-kajian sosial keagamaan sebagai hasil atau ...