Muhasabah bukanlah hal yang sangat mudah dilakukan tanpa niat yang kuat. Apalagi jika dikhususkan pada Muhasabah kemampuan dan Minat yang dimiliki diri sendiri, termasuk juga Penentuan Jurusan terhadap beberapa siswa, bukanlah hal yang mudah. Banyak siswa yang belum mengenal kemapuan dan minat yang dimilikinya. Civitas Smk Khamas juga kebingungan dalam memeberikan sebuah pelajaran ekstra terhadap siswa. Dari masalah tersebut sangatlah dibutuhkan metode yang bisa memetakan minat siswa sehingga siswa tidak salah pilih jurusan. Algoritma K-Means Algoritma yang bisa memetakan / mengelompokan siswa yang mempunyai kemiripan sama. Algoritma K-Means sangat sederhana untuk diimplementasikan serta mudah dijalankan, serta relatif cepat dalam menjalankan. Namun ada masalah dalam penentuan centroid sehingga dibutuhkan optimasi dalam hal tersebut.Kata kunci : K-Means; penjurusan siswa; Genetika Algoritma; Klaster
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021