Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 2 (2021)

PENERAPAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA

Mustajab, Amin (Unknown)
Syamsijulianto, Tri (STKIP Melawi)
Susanti, Hamdiah (SD Negeri 13 Pesing)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dan untuk melihat tingkat keberhasilan penerapan model Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VI semester II Sekolah Dasar Negeri 13 Pesing Kecamatan Sekayam tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI dengan jumlah peserta didik 18 orang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan.Penulis menerapkan keberhasilan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPAdi kelas VI sekolah Dasar Negeri 13 Pesing.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pre test dan post test dalam bentuk uraian dan non-tes (observasi). Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I pertemuan 1 ke siklus II sebesar 61% dengan kategori sangat baik. Pada siklus II terdapat 89% persentase tingkat keberhasilan pembelajaran peserta didik sudah berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata nilai pada siklus II sebesar 82, penelitian ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Dari uraian hasil belajar kognitif tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik sehingga tujuan dari penelitian ini tercapai dengan hasil yang memuaskan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AW

Publisher

Subject

Education

Description

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. ...