JURNAL MUTIARA MANAJEMEN
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Mutiara Manajemen

STRATEGI PERMINTAAN PRODUK ULOS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI GERAI "GALERI ULOS SIANIPAR" MEDAN SUMATERA UTARA

Anggi Yaini Siregar (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Lukman Nasution (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui strategi permintaan, hambatan dan kendala yang dihadapi Galeri Ulos Sianipar dalam memasarkan produk ulos untuk meningkatkan minat beli konsumen di Galeri Ulos Sianipar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.Responden atau informan dalam penelitian ini adalah 16 orang informan yang terdiri dari pemilik Galeri Ulos Sianipar (1), Penenun (10), Penannggung jawab penenun dan hasil tenun (1) dan konsumen (4). Data diperoleh dengan teknik wawancara mendalam (indepth interview), selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwaStrategi yang sesuai untuk diterapkan pada Galeri Ulos Sianipar adalah strategi Agresif. Berdasarkan hasil perbandingan nilai faktor eksternal dengan nilai faktor internal, maka dapat disimpulkan bahwa Galeri Ulos Sianipar berada pada kuadran I (strategi agresif). Posisi kuadran I, yaitu faktor eksternal positif dan faktor internal positif. Posisi ini menunjukkan bahwa peluang yang dihadapi lebih besar dibandingkan dengan ancaman yang ada, dan kekuatan yang dimiliki lebih besar dari pada kelemahannya. Adapun arah kebijakan yang dapat diterapkan oleh Galeri Ulos Sianipar adalah memanfaatkan kekuatan yang dimiliki semaksimal mungkin untuk mendapatkan peluang untuk pengembangan usaha.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Manajemen menghadapi dinamika ekonomi, bisnis, pemerintah, politik, sosial dan budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara ...