Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Vol 12 No 3 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) KELAS V SDN INPRES 3 TONDO PALU

Gusti Ayu Made Widyawati (stah dharma sentana sulawesi tengah)
Ni Made Mega Hariani (STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah)
I Wayan Budiagus Putrayasa (STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) kelas V SDN Inpres 3 Tondo Palu. Metode yang digunakan adalah penelitian PTK yang menggunakan dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa dengan penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil post test dengan persentase daya serap klasikal 78,3%, ketuntasan belajar klasikal 83,3% dan angket motivasi dengan persentase 86,1% pada siklus I, sedangkan pada siklus II post test dengan persentase daya serap klasikal 88,2%, ketuntasan belajar klasikal 94,4% dan angket motivasi semua siswa memenuhi kriteria keberhasilan (100%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo Palu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyagenitri

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Widya Genitri adalah jurnal yang diterbitkan oleh STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah mengundang para peneliti, dosen dan praktisi untuk mengirimkan artikel hasil penelitian dan pengabdian yang berkaitan dengan Agama dan Kebudayaan. Jurnal ini pertama kali terbit pada tahun 2012 dengan ...