Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas X IPS MA Ummul Quro Kropak-Bantaran

Nikmatul Musayadah (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)
Sumiati (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)
Devy Habibi Muhammad (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak kepada orang tua dan guru di kelas X IPS MA Ummul Quro Kropak - Bantaran? (2) Apakah penerapan metode jigsaw learning dapat meningkatkan keaktifan siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak kepada orang tua dan guru di kelas X IPS MA Ummul Quro Kropak - Bantaran?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes dan observasi kegiatan siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II dan III yaitu nilai hasil belajar pada tes akhir dan keaktifan siswa siklus I adalah 75 % siswa mendapat nilai ≥ 75 dan nilai rata-rata keaktifan siswa 1,9, sedangkan pada tes akhir dan keaktifan siswa siklus II adalah 80 % siswa mendapat nilai ≥ 75 dan nilai rata-rata keaktifan siswa 2,3 serta siklus III adalah 95 % siswa mendapat nilai ≥ 75 dan nilai rata-rata keaktifan siswa adalah 3,4. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan menggunakan metode Jigsaw Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...