Abstrak Artificial Inteligensi (AI) atau kecerdasan buatan manusia  saat ini sangat berkembang pesat. Apalagi di masa pandemi Covid 19 ini, dimana aktivitas dan pergerakan manusia dalam melakukan interaksi secara langsung mengalami keterbatasan. Artifial Inteligensi sangat membantu dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Penggunaan AI sudah banyak diimplementasikan pada berbagai sektor, terutama sektor perdagangan yang berbasis digital atau marketplace karena sangat membantu promosi yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan. Perkembangan marketplace menggunakan teknologi yang berbasis artificial inteligence semakin beragam. Untuk memenangkan persaingan bisnis, maka strategi promosi sangat diperlukan dan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mencapai tujuan. Seperti dilakukan salah satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia yang merupakan marketplace dengan pertumbuhan sangat pesat dibanding marketplace lainnya. Hasil penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan paradigma kontruksi serta analisis studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara melalukan wawancara mendalam, observasi non participant dan analisis dokumen yang berasal dari data internal dan juga data eksternal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelian yang cukup signifikan melalui promosi yang dilakukan berbasis AI melalui model promosi deep learning. Permasalahan yang dihadapi adalah implementasi AI akan kurang maksimal jika tidak diperhatikan dengan detail dan sangat tergantung pada data yang diinput oleh programmer (terbatas pada suatu program). Saran yang diberikan adalah agar secara berkala diadakan pendidikan dan pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan tenaga IT sehingga dapat selalu mengikuti perkembangan zaman.Katakunci: Strategi Promosi, Marketplace, Artificial Intelligence Abstract Artificial Intelligence (AI) or human artificial intelligence is currently growing rapidly. Especially during the Covid-19 pandemic, where human activities and movements in direct interaction are experiencing limitations. Artificial Intelligence is very helpful in increasing the effectiveness and efficiency of a company operational. The use of AI has been widely implemented in various sectors, especially in the digital-based trade sector or marketplace because it really helps promotions carried out in increasing sales. The development of the marketplace using artificial intelligence-based technology is increasingly diversely. To win the business competition, a promotion strategy is needed and is one of the most important aspects in achieving goals. As one of the marketplaces has been doing it in Indonesia, namely Tokopedia, which is a marketplace is growing rapidly compared with other marketplaces. The result of this study was carried out qualitatively with the construction paradigm and case study analysis. The technique of collecting research data is by conducting in-depth interviews, non-participant observations and document analysis derived both from internal data and external data. The results showed that there was a significant increase in purchases through AI-based promotions through deep learning promotion model. The problem which is faced is that the implementation of AI will be less than optimal if it is not considered in detail and depends on the data inputted by the programmer (limited to a program). The suggestion given is to periodically hold special education and training to improve the competence and skills of IT staff so that they can always keep up with the age. Keywords : Strategy Promotion, Marketplace, Artificial IntelligenceÂ
Copyrights © 2021