Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 8 No 2 (2021)

META ANALISIS PENELITIAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP DI BEBERAPA SEKOLAH DASAR

Muhammad Thamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Pance Mariati (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Ratih Asmarani (Universitas Hasyim Asy'ari Jombang)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Meta Analisis. Penelitian meta analisis yaitu menggunakan studi-studi penelitian yang sudah ada dan yang telah dilakukan secara sistematis dan kuantitatif untuk memperoleh kesimpulan yang akurat. Penelitian meta analisis akan menganalisis kuantitatif dari hasil penelitian sebelumnya untuk dapat menerima atau tidak diterima yang diajukan oleh peneliti-peneliti yang telah dilakukan. Penelitian meta analisis ini yang akan menganalisa penelitian-penelitian pembelajaran yang menggunakan Peta Konsep (PK). Tujuan penelitian meta analisis yaitu untuk mengetahui apa saja yang diharapkan oleh peneliti dalam menggunakan pembelajaran dengan PK? Apa pula permasalahan sehingga pembelajaran menetapkan strategi pembelajaran PK? Adakah pembelajaran PK yang digabungkan dengan model metode pembelajaran yang lain? Jumlah tulisan yang dihimpun sebanyak 24 tulisan hasil penelitian dari berbagai Sekolah Dasar yang ada di Indonesia. Pada penelitian meta analisis ini yang akan dikupas beberapa hal : Tujuan penelitian, disain penelitian, jumlah sampel, teknik pengumpulan data, analisis data, dan alasan penggunaan pembelajaran dengan PK. Kesimpulan dari penelitian meta analisis yang dihasilkan yaitu: 1) Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan aktivitas siswa dengan menggunakan Peta Konsep, 2) Menggunakan Peta Konsep Agar pembelajaran bervariatif, 3) Pemilihan pembelajaran dengan menggunakan Peta Konsep sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. 4) Data yang di analisis merupakan data hasil tes untuk menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, sedangkan pengamatan untuk melihat keterampilan guru. 5) Penelitian pengajaran dengan PK digabungkan dengan metode lain akan lebih meningkat dari pada hanya PK saja. 6) Judul dengan pengembangan hasil penelitian tidak sesuai dengan penelitian pengembangan yang sebenarnya, karena tidak menghasilkan sesuatu dalam akhir penelitiannya. 7) Hampir sebagian besar peneliti tidak memberikan alasan mengapa memilih pembelajaran dengan menggunakan Peta Konsep..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...