Jurnal Bisnis Mahasiswa
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Bisnis Mahasiswa

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UD ADLI DI DESA SUKAJADI KECAMATAN PERBAUNGAN

Pratiwi, Gusti (Unknown)
Lubis, Tukimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah pelanggan UD Adli selama satu minggu yaitu sebanyak 945 pelanggan. Sampel penelitian didapatkan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 90 pelanggan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dan uji F dilakukan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel independen dengan variabel dependen dengan asumsi bahwa variabel lain dianggap konstan. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial dikertahui bahwa variabel Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai f hitung adalah 52.633 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 52.633 > F tabel 2.71 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1 dan X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai R square sebesar 0.548. Hal ini berarti bahwa pengaruh variable X1 dan X2 terhadap variable Y adalah sebesar 54.8%, sedangkan sisanya sebesar 0.452 atau 45.2% dipengaruhi variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang ...