Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 4, NO 1 (2017): MARET

EFEKTIFITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA

Tri Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pangandaran. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan pretest-posttes control group design dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-confidence. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Pangandaran yang secara administratif terdaftar dan aktif dalam pembelajaran di kelas. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas X-10 yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Gambaran kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Pangandaran mengalami peningkatan skor setelah diberikan perlakuan berupa teknik role playing. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan skor pretest sebelum perlakuan ke skor posttest setelah perlakuan; (2) Efektivitas teknik role playing terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Peningkatan yang signifikan terlihat dari hasil uji t paired sample dan hasil uji N-gain. Dapat disimpulkan bahwa teknik Role playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Pangandaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...