Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 3, No 02 (2020)

Resepsi Khalayak Wanita atas Karakter Ji Sun Woo dalam Drama Korea The World of the Married

Destaria Verani Soe'oed (Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta 12260 – Indonesia)
Prudensius Maring (Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta 12260 – Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Drama korea merupakan fenomena baru yang kuat di masyarakat Indonesia. Drama korea membanjiri khalayak dari berbagai media massa. Dengan plot cerita yang menarik, penonton Indonesia akhirnya menjadi penonton aktif dan memproduksi berbagai arti dari sajian drama korea terebut. Drama korea yang diangkat dalam penelitian ini adalah The World of the Married. Drama tersebut ditayangkan di TransTV dianggap berhasil menghipnotis khalayak wanita, serta membuat para khalayak tersebut mengadopsi cerita tersebut kedalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi penonton wanita dari karakter utama Ji Sun Woo dalam drama korea berjudul The World of the Married menggunakan teori penerimaan Stuart Hall, dan Standpoint Theory dari Hartsock. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan fokus pada decoding penonton dari persepsi, pemikiran, dan interpretasi. Data diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan wanita usia 25-30 tahun yang konsisten menyaksikan K-drama ini dari episode 1 sampai selesai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemaknaan karakter Ji Sun Woo, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pengalaman sangat mempengaruhi cara informan memberikan makna kepada karakter tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...