Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 4, No 1 (2021)

Implementasi Strategi Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Batik untuk Generasi Muda

Reza Yohanes (Magister Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. No. 35, Jakarta 10220 - Indonesia)
A A Istri Putri Dwijayanti (Magister Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. No. 35, Jakarta 10220 - Indonesia)
Setyoningsih Subroto (Magister Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. No. 35, Jakarta 10220 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, namun ketertarikan generasi muda terhadap batik kian menurun. Di tengah keadaan ini, tahun 2015 muncul merek batik premium ”Negarawan” dengan market generasi muda. Negarawan berkembang menjadi merek yang kuat dibuktikan dengan pengikutnya di Instagram hingga 24 ribu. Negarawan menggunakan strategi marketing public relations untuk membentuk citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi partisipatif. Data sekunder didapat melalui studi kepustakaan dan dokumentasi dan data primer diperoleh dari dua informan kunci Chief Executive Officer, Chief Marketing Officer dan tiga konsumen Negarawan.Hasil penelitian menunjukkan implementasi three ways strategy marketing public relations saling mendukung dalam membentuk citra merek. Push strategy berperan dalam mendorong penjualan, pull dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan konsumen, sementara pass dalam membentuk opini positif masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...