Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan
Vol 4 No 1 (2022): Edisi Agustus 2021- Januari 2022

Integrasi Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Siswa SMP

Hen Ardiansyah (Dosen pada STKIP Al Amin Dompu - Indonesia)
Lala Intan Komalasari (Dosen pada STKIP Al Amin Dompu - Indonesia)
Kamaluddin (Dosen pada STKIP Al-Amin Dompu - Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui integrasi sejarah matematika dalam pembelajaran matematika pada materi aljabar, dapun yang menjadi fokus utama dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Data-data yang digunakan penulis bersumber dari literatur yang relevan dengan kasus permasalahan. Beberapa diantaranya bersumber dari buku referensi, jurnal, dan abstrak hasil penelitian. Data yang telah diperoleh dari studi literatur kemudian dipilih sesuai kebutuhan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Pengolahan data ini dilakukan dengan mengaitkan data - data yang ada dengan objek gagasan sehingga diperoleh konsep gagasan yang bisa memecahkan permasalahan. Analisis data dalam karya tulis ilmiah ini dilakukan secara deskriptif. hasil analisis di peroleh kesimpulan bahwa pengintegrasian sejarah matematika dalam pembelajaran matematika dapat memotivasi siswa pada materi aljabar memenuhi indikator – indikator motivasi belajar. Sejarah matematika sebagai media dalam proses belajar, dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa serta membuat pembelajaran matematika lebih bermakna karena dihubungkan dengan kehidupan sehari – hari

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Description

Jurnal Lentera: Jurnal studi Pendidikan diterbitkan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumbawa Barat. Lentera terbit bulan Januari dan Juli setiap tahun. Lentera memuat kajian-kajian Ilmiah Pendidikan yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam ...