Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 6 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan Problem Solving Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Soal Cerita

Ningsih, Tri Rahayu (Unknown)
Kusumaningsih, Widya (Unknown)
Buchori, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dan Problem Solving berbantuan CD Interaktif terhadap kemampuan pemahaman soal cerita matematika, terdapat atau tidak perbedaan  kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI), model pembelajaran Problem Solving dan pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pakis Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan menggunkan cluster random sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1(pembelajaran dengan model SAVI berbantu CD Interaktif), VIII B sebagai kelas eksperimen 2 (pembelajaran dengan model Problem Solving berbantu CD Interaktif) dan VIII C sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional dengan metode ceramah). Hasil analisis yang diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen, dan uji anava diperoleh yaitu  yang artinya terdapat perbedaan kemampuan pemahaman soal cerita matematika antara ketiga kelas. Pada uji hipotesis kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol diperoleh yaitu 3,205 1,699 dan uji hipotesis kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol diperoleh yaitu 3,3091,697 maka Ho ditolak. Untuk uji hipotesis kelas eksperimen 1 dengan eksperimen 2 diperoleh yaitu 0,212 1,695 maka Ho diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) berbantuan CD Interaktif dan model pembelajaran Problem Solving berbantuan CD Interaktif lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...