Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis PMRI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Mranggen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi. Lembar validasi tersebut divalidasi oleh enam validator dari Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang dan Guru MatematikaSMPN 3 Mranggen Analisis data berupa analisis kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis PMRI valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Berdasarkan analisis kevalidan dilakukan oleh validator diperoleh(1)skorrata-ratakelayakanmaterisebesar4,33;(2)skorrata- ratakelayakanbahasasebesar4,60;(3)skorrata-ratakelayakancontoh soal dan latihan soal sebesar 3,87; (4) skor rata-rata kelayakan mediasebesar3,87 ; dan (5) skor rata-rata kelayakan soal sebesar 4,67.  Diperoleh skor rata-rata keseluruhan 4,26. Dapat disimpulkan bahwa media macromedia flash yang dikembangkan layak diujicobakan dengan kategori sangat baik menurut pendapat validator
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020