Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2, No 3 (2020): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Amiruddini, Aula Aulia (Unknown)
Supandi, Supandi (Unknown)
Purwati, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kebiasaan seseorang menemukan cara-cara baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII SMP Negeri19 Semarang pada pembelajaran berbasis Pendekatan Realistic MathematicsEducation(RME). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Semarang yang terdiri dari 3 siswa dengan rincian 1 siswa dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, 1 siswa dengan tingkat berpikir kreatif sedang, dang 1 siswa dengan tingkat berpikir kreatif rendah. Teknik pengumpulan data menggunakantes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan RME berjalan dengan baik, siswa mampu berperan aktif selama proses pembelajaran. Hasil lain dari penelitian ini yaitu dua kategori berpikir kreatif indikator kelancaran tinggi dan sedang memiliki kesamaan yaitu pemahaman terhadap masalah termasuk kategori baik. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...