Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2021): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Berpikir Kreatif Sisiwa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial

Sari, Eva Martia (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Utami, Rizky Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual spasial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes kecerdasan visual spasial yaitu 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat rendah kelas IX SMP N 1 Jaken Kota Pati yang dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan visual spasial dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes kecerdasan visual spasial, tes pemecahan masalah untuk memunculkan berpikir kreatif, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil tes dan wawancara 1) siswa dengan kecerdasan visual spasial tinggi menunjukkan semua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu pada aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), kebaruan (novelty) dan memenuhi semua aspek pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban. 2) Siswa dengan kecerdasan visual spasial sedang menunjukkan semua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu pada aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), kebaruan (novelty) dan hanya mampu memahami tiga aspek pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan pemecahan masalah. 3) siswa dengan kecerdasan visual spasial rendah hanya menunjukkan hanya menunjukkan satu aspek berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency) dan hanya mampu memahami tiga aspek pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan pemecahan masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...