Educatif: Journal of Education Research
Vol 2 No 3 (2020): July

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Statistika di Kelas XII Multimedia SMK N 2 Merangin

Hendriyeni (SMK n 2 Merangin)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi statistika di kelas XII Multimedia SMK N 2 Merangin tahun pelajaran 2019/2020. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MM2 SMK N 2 Merangin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan , pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik dan observasi untuk memperoleh data keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 43,48% dengan nilai rata-rata 56 pada pra siklus menjadi 73,21 % dengan nilai rata-rata 78 pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 86,96% dengan nilai rata-rata 82. Keaktifan peserta didik dalam belajar juga mengalami peningkatan yaitu dari 47,92% pada pra siklus menjadi 74,58% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II yaitu 82,5%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...