Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IIS 2 SMA N 1 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2019/2020 dan satu orang guru ekonomi sebagai pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Hasil pada siklus I belum menunjukkan aktivitas yang signifikan, sehingga siklus II dilanjutkan. Perbandingan aktivitas siswa mengalami peningkatan 23,79 % dari 33,71 % menjadi 57,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru ekonomi lainnya untuk menggunakan metode pembelajaran yang tepat seperti Metode Jigsaw ini, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuaskan.
Copyrights © 2021