Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XII MIPA 3 SMA N 1 PULAU PUNJUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Agustin MN (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IIS 2 SMA N 1 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2019/2020 dan satu orang guru ekonomi sebagai pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Hasil pada siklus I belum menunjukkan aktivitas yang signifikan, sehingga siklus II dilanjutkan. Perbandingan aktivitas siswa mengalami peningkatan 23,79 % dari 33,71 % menjadi 57,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru ekonomi lainnya untuk menggunakan metode pembelajaran yang tepat seperti Metode Jigsaw ini, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...