Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)
Vol. 4 No. 1 (2020): JRPIPM September 2020 Volume 4 Nomor 1

Perspektif Gender Siswa SMP Pada Materi Perbandingan Menggunakan Soal Cerita

Anisa Aulingga (IKIP Siliwangi Bandung)
Usman Aripin (IKIP Siliwangi Bandung, Program Studi Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini didasari pada rendahnya siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan terutama di Kota Cimahi pada saat ini.  Faktor yang mempengaruhi rendahnya siswa dalam soal cerita materi perbandingan salah satunya adalah perbedaan gender. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memahami soal cerita materi perbandingan yang ditinjau berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang pengumpulan data nya berupa gambaran dan kalimat yang diuraikan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di Cimahi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes berupa soal uraian materi perbandingan. Hasil tes dianalisis dan mengacu pada aspek dalam menyelesaikan soal cerita matematika yakni: aspek bahasa, aspek prasyarat dan aspek terapan. Berdasarkan hasil  penelitian, menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan masih kurang dalam soal cerita materi perbandingan. Jika ditinjau dalam perspektif gender, siswa  laki-laki belum mampu menafsirkan soal cerita dengan baik dan benar sehingga strategi penyelesaian dan perhitungannya pun salah. Sedangkan siswa perempuan masih mampu untuk menafsirkan soal ke dalam model matematika dan lebih termotivasi dalam pengerjaan soal dibandingkan  siswa laki-laki.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpipm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education both theory and practice. This Journal is published periodically twice a ...