Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10, No 001 (2021): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue)

Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal

Rizka Harfiani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Hasrian Rudi Setiawan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Mavianti Mavianti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Zailani Zailani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Transformasi pembelajaran sebagai dampak dari pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai polemik bagi warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas pelaksanaan sistem pembelajaran daring pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dengan sistematika analisis menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitian menemukan bahwa sistem pembelajaran daring yang dilaksanakan pada masa pandemi kurang efektif. Hal ini terlihat dari persentase respon siswa dan guru yang berada pada kategori rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...