Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang pesat dalam aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Ancaman dampak negatif teknologi informasi menuntut pentingnya literasi informasi siswa dalam mengahadapi beragam informasi yang diterima. Kompetensi literasi informasi yang perlu diperhatikan yaitu: prospecting (mencari), interpreting (menafsirkan), dan creating new idea (menciptakan ide baru). Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis hubungan antara ketiga kompetensi literasi informasi siswa selama proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 67 responden dan teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) siswa memiliki kemampuan literasi informasi prospecting dengan nilai rata-rata 75,95% termasuk dalam kategori baik, 2) nilai rata-rata siswa pada kemampuan literasi informasi interpreting yaitu 73,36%, 3) nilai rata-rata siswa pada kemampuan literasi informasi creating new idea yaitu 71,80% termasuk dalam kategori baik, dan 4) nilai signifikan uji korelasi hubungan antar variabel yaitu 0,000, menunjukkan terdapat hubungan positif antara variabel prospecting, interpreting, dan creating new idea dengan keeratan korelasi yaitu 0,613 yang termasuk kategori kuat. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi informasi siswa kelas XI IPS termasuk dalam kategori baik dan terdapat hubungan antara variabel tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021