Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasaan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar penelitian ini dilakukan di kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat sampel 20 orang tua siswa dan 20 siswa kelas awal Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dan desain cross Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua sebagian besar adalah pola asuh demokratis yaitu sejumlah 12 responden (60%), kecerdasan sosial siswa kelas awal sekolah dasar sebagian besar adalah baik sejumlah 10 responden (50%) dan Perhitungan Korelasi Kendall's tau pola asuh orang tua dengan kecerdasaan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar sebesar (r1.2) = 0,787 dengan nilai signifikansi p-value 0.000 (<0.05) pada uji kendall's Tau. Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kecerdasaan siswa kelas awal Sekolah Dasar dan semakin baik pola asuh orang tua yang diterapkan maka kecerdasan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar semakin baik. Kata Kunci :   Pola asuh orangtua, kecerdasaan sosial, sekolah dasar
Copyrights © 2017