Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 02 (2017): Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan

POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Rachmadtullah, Reza (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasaan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar penelitian ini dilakukan di kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat sampel 20 orang tua siswa dan 20 siswa kelas awal Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dan desain cross Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua sebagian besar adalah pola asuh demokratis yaitu sejumlah 12 responden (60%), kecerdasan sosial siswa kelas awal sekolah dasar sebagian besar adalah baik sejumlah 10 responden (50%) dan Perhitungan Korelasi Kendall's tau pola asuh orang tua dengan kecerdasaan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar sebesar (r1.2) = 0,787 dengan nilai signifikansi p-value 0.000 (<0.05) pada uji kendall's Tau. Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kecerdasaan siswa kelas awal Sekolah Dasar dan semakin baik pola asuh orang tua yang diterapkan maka kecerdasan sosial siswa kelas awal Sekolah Dasar semakin baik. Kata Kunci  :   Pola asuh orangtua, kecerdasaan sosial, sekolah dasar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah baik penelitian maupun non penelitian mengenai ilmu kependidikan pada umumnya. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Selain menerbitkan artikel-artikel yang ditulis oleh dosen ...