Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 1, No 1 (2015): Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan

Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Tentang Pengukuran

Manurung, Alberth Supriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2015

Abstract

The objective of the research is to determine the relationship betwen achievement motivation and self concept student with mathematic learning result. The study makes use of survey method which implements regression and multiple correlation technique. The research was conducted at SDN Jati 3 Pulo Asem dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur with n=57 using Cluster Sampling technique. The result of research show; there is a positive corelation betwen achievement motivation with mathematic learning result. Based on the result of research, the students mathematic learning result could be enhanced by increasing achievement motivation, since the result of verification simply be able to prove the achievement motivation to be significant determinant factors. Key Words: Achievement Motivation, Mathematic Learning Result And CorelationTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan betwen motivasi berprestasi dan siswa konsep diri dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei yang mengimplementasikan regresi dan teknik korelasi berganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Jati 3 Pulo Asem Dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan n = 57 dengan menggunakan teknik sampling Cluster. Hasil penelitian menunjukkan: ada korelasi positif betwen motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, hasil siswa belajar matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi berprestasi, sejak hasil verifikasi hanya dapat membuktikan motivasi berprestasi menjadi faktor penentu yang signifikan. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar Matematika, Korelasi, Prestasi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah baik penelitian maupun non penelitian mengenai ilmu kependidikan pada umumnya. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Selain menerbitkan artikel-artikel yang ditulis oleh dosen ...