Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Vol 7, No 03 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK KERAJINAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH IBU-IBU PKK DI JAKARTA UTARA

Fajarina, Fajarina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Penyebaran virus corona di berbagai Negara di dunia tidak hanya membawa dampak terhadap kehidupan masyarakat saja, akan tetapi juga berdampak terhadap kehidupan suatu organisasi seperti terhadap          organisasi yang diberdayakan masyarakat dalam bentuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Salah satu program PKK dapat dilihat pada daerah Jakarta Utara. Program PKK yang dijalankan oleh ibu-ibu di Jakarta Utara adalah program dalam penjualan produk kerajinan. Namun dengan adanya penyebaran covid-19 membuat proses operasional dan produksi ibu-ibu PKK daerah ini mengalami hambatan. Terutama ketika adanya peraturan dan kebijakan pemerintah untuk memberlakukan program PSBB dan social distancing. Yang mana dengan hal ini membuat program PKK di daerah ini mengalami penurunan, baik dari hal produksi, pemasaran, maupun penjualan yang nantinya akan berdampak terhadap turunnya pendapatan yang di peroleh ibu-ibu PKK di daerah ini. Sehingga dalam mengatasi permasalahan ini, ibu-ibu PKK Jakarta Utara mulai beralih menggunakan dan memanfaatkan media sosial dalam melakukan pemasaran terhadap produk kerajinan yang dihasilkan oleh PKK di daerah Jakarta Utara ini. Kata kunci : Pemanfaatan, Media Sosial, Pemasaran, Pandemi Covid 19

Copyrights © 2021