AbstrakMasyarakat pengarajin dalam tingkatan usaha home industri di era persaingan bebas ini mengalami kesulitan memasarkan hasil produksinya. Kesulitan ini dikarenakan pemahamannya yang minim terhadap prisip dasar dan proses pemasaran kompetitive yang berorientasi kepada pasar, akibatnya banyak masyarakat pengarajin tidak melalukan produksi lagi bahkan cenderung menjadi pengangguran.Tujuan utama dalam pelatihan keterampilan pengelolaan pemasaran ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip dasar dan proses pemasaran berkesinambungan, sehingga disamping mengiatkan iklim usaha di masyarakat juga akhirnya pelaku usaha mempu memproduksi produk yang dapat diserap oleh pasar tanpa harus menunggu adanya pesanan.Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini bentuknya berupa diskusi dan dialog, penjelasan prinsip dasar dan proses pemasaran barang dan jasa, konsultasi personalantara pelaku usaha dengan praktisi dan tim atas produk yang dihasilkan.Pelaksanaan pengabdian inisesuai dengan kebutuhan dan kesulitan para pelaku usaha di masyarakat wilayah Pundong Balaraja, oleh sebab itu antosias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dengan alasan keinginan mereka agar berhasil dalam memasarkan usahanya. Keberhasilan kagiatan usaha bagimasyarakat akan mendorong penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan, dan sangat potensial memicu lahirnya pelaku usaha baru dari masyarakat setempat terutama pada tingkat usia produktif.Kata kunci : Prinsip dasar pemasaran, proses pemasaran, pelaku usaha, pemasaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015