JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARY 2022

Implementasi Program Adiwiyata untuk Meningkatkan Environmental Literacy Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru

Novia Susannti (Universitas Terbuka)
Z Zarkasih (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Mukti Amini (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dalam melaksanakan implementasi programm adiwiyata untuk meningkatkan environmental literacy peserta didik di sekolah Adiwiyata, tepatnya di SD Negeri 182 Pekanbaru Riau sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi yang akan menuju adiwiyata Nasional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pendidikan lingkungan hidup dalam mengupayakan agar peserta didik melek lingkungan (environmental literacy)dalam lingkup sekolah formal. Wujud dari pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup di sekolah adalah adanya program Adiwiyata sebagai program yang lebih terencana. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mempelajari dampak program adiwiyata terhadap keadaan lingkungan fisik SD Negeri 182 Pekanbaru dalam Upaya environmental literacy peserta didik sebagai Sekolah Adiwiyata. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya peningkatan environmental literacy peserta didik di SD Negeri 182 Pekanbaru yaitu, melalui budaya sekolah, program Adiwiyata, dan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...