Tujuan penelitian umtuk mengetahui penerapan strategi ekspositori pada tingkat kejenuhan siswa di mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah Madrasah Aliyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Jenis penelitian adalah deskriftif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan: observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan verifikasi serta kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggnakan trianggulasi sumber data, yaitu untuk mencocokan hasil wawancara guru dengan angket siswa. Untuk menvalidasi strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan hasil observai bahwa guru melaksanakan strategi pembelajaran Ekspositori dengan katagori cukup baik. Hasil penelitian menujukan bahwa wawancara yang didukung oleh angket, pada siswa yang prestasi hingga siswa yang kurang berprestasi adalah cukup jenuh dalam strategi pembelajaran ekspositori yang telah digunakan oleh guru. Maka pada penelitian Tingkat kejenuhan belajar yang dialami siswa dengan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang telah digunakan guru termasuk pada katagori Cukup jenuh karena mencapai kisaran 53,57%.
Copyrights © 2021