Pendidikan, dimanapun dan kapanpun, merupakan sendi pokok bagi kehidupan manusia dan kelangsungan peradaban suatu bangsa. Seringkali, terjadi kesenjangan terhadap praktek pendidikan di berbagai dunia. Pendidikan dii dunia dengan labelisasi negara berkembang, terlihat lebih memprihatinkan dibandingkan dengan negara maju. Pendidikan di Kawasan Afrika, Asia dan Timur Tengah di abad 19 sangat jauh bila dibandingkan dengan Eropa dan Amerika. Pendidikan membutuhkan konsep dan cara pandang baru menuju pembangunan berkelanjutan, dalam rangka mengatasi problem manusia modern. Audah Rasyid Juyusy melalui karyanya al-Islam wa al-Tanmiyah al-Mustadamah, Ru’yah Kauniyyah Jadidah, turut berkontribusi mengemukakan pentingnya melihat kembali visi Pendidikan dalam Islam yang dianggapnya lebih komprehensif dalam menyongsong era pembangunan berkelanjutan di seluruh masayarakat dunia.
Copyrights © 2021