Healthcare Nursing Journal
Vol. 4 No. 1 (2022): HealthCare Nursing Journal

MARKETING MIX, IMPLEMENTATION OF MARKETING STRATEGIES IN HEALTH SERVICES: LITERATURE REVIEW

Fitri Nurlina (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Usman Sasari (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Fasilitas pelayanan kesehatan adalah tempat yang digunakan masyarakat untuk mencegah, dan meningkatkan kesehatan. Setiap fasilitas pelayanan kesehatan ingin memberikan pelayanan yang baik dan bermutu sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Maka dari itu diperlukan suatu strategi yang dapat digunakan untuk melihat pasar atau keinginan konsumen. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah Marketing Mix. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix di pelayanan kesehatan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Dengan populasi 354 artikel dengan teknik sampling menggunakan data based google schoolar, Proquest, Pubmed, DOAJ dan kata kunci Marketing mix, health services, marketing strategies. Sehingga didapatkan sampel 20 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian didapatkan bahwa menggunakan marketing mix dalam pelaksanaan strategi pemasaran dapat melihat keinginan konsumen secara langsung. Dan dari faktor-faktor marketing mx didapatkan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan, keputusan memilih layanan, peningkatan loyalitas dan kepuasan pasien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

healtcare

Publisher

Subject

Nursing

Description

Healthcare Nursing Journal merupakan salah satu Journal Elektronik yang dikelola oleh Program Studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Jurnal ini terbit secara berkala, dan merupakan fasilitas bagi civitas akademika pada bidang kesehatan dan keperawatan. Memuat berbagai karya tulis ...