Mencuci tangan dengan benar merupakan salah satu unsur dari tiga pilar pembangunan Indonesia bidang kesehatan yakni berpola hidup sehat. Video merupakan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan pada anak prasekolah.Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental one grup pretest-posttest design. Sampel sebanyak 35 anak usia prasekolah dengan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dianalisa menggunakan uji wilcoxon sign rank tets. Hasil penelitian didapatkan sebelum diberikan pendidikan kesehatan melalui video cuci tangan sebagian besar (74,3%) tidak tepat dalam melakukan mencuci tangan pakai sabun dan setelah diberikan pendidikan kesehatan melalui video cuci tangan pakai sabun hampir seluruhnya (91,4%) anak mencuci tangan pakai sabun dengan tepat. Hasil uji statistik didapatkan nilai p adalah 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat pengaruh pemberian video mencuci tangan terhadap kemampuan anak prasekolah mencuci tangan. Perlu adanya penggunaan kombinasi variasi media belajar misalnya mengkombinasikan media video cuci tangan pakai sabun dengan media lain untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan anak pra sekolah.Kata Kunci : Video Cuci Tangan, Anak Prasekolah
Copyrights © 2022