Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 4 No 4 (2021): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Fungsi Ruang Publik Pakter Tuak di Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Lucy Oktavia (Unknown)
Eka Vidya Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Latar belakang artikel ini bermula dari ketertarikan peneliti ketika melihat banyaknya pakter tuak di Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jika dilihat dari idealnya secara normatif keberadaan pakter tuak dilarang atau bertentangan dengan norma umum, tetapi fakta yang terjadi di masyarakat Kinali pakter tuak fungsional di tengah-tengah masyarakat dan menjadi ruang publik di Nagari Kinali. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa sajakah fungsi pakter tuak dalam menjalankan fungsi ruang publik di masyarakat Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat sehingga dapat dikatakan fungsional di tengah-tengah masyarakat Nagari Kinali. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori ruang publik yang dikemukakan oleh Jurgen Habermas dan teori fungsionalisme struktural tentang fungsi manifest serta fungsi laten yang dikemukakan oleh Robert K. Merton. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian yang telah didapatkan di lapangan dapat ditemukan beberapa fungsi yang dapat menjelaskan mengenai bagaimana pakter tuak dalam menjalankan fungsi ruang publik di Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Hasil yang telah didapatkan berupa kemunculan pakter tuak di Nagari Kinali, fungsi budaya masyarakat, fungsi identitas laki-laki, fungsi hiburan, fungsi ekonomi, fungsi diskusi, memecahkan masalah, dan pakter tuak sebagai tempat meredakan konflik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...