AbstractTujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika SD di Masa Pandemi Covid 19 berbasis pendekatan saintifik. Metode pengembangan bahan ajar matematika SD di Masa Pandemi Covid 19 berbasis pendekatan saintifik menggunakan metode langkah-langkah penelitian pengembangan (Research and development) yang dikembangkan oleh Dick and Carry, biasa dikenal pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan tersebut terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian bahan ajar, dan lembar angket respon siswa terhadap bahan ajar. Hasil penelitian berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media, dan bahasa bahwa, kelayakan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik mendapat nilai validasi yang sangat valid, nilai Kepraktisan bahan ajar matematika SD berbasis pendekatan saintifik oleh guru kelas VI adalah sangat praktis, serta respon peserta didik mencapai 85 %. Hasil nilai respon peserta didik dikonversikan dengan tabel respon peserta didik adalah X > 85 %. Dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik terhadap bahan ajar matematika SD berbasis pendekatan saintifik adalah sangat efektif, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid 19 baik cecara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Kata-kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Matematika SD, Pandemi Covid
Copyrights © 2022