Upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi isu strategis nasional serta kajian manajemen mutu pendidikan. Faktor kinerja guru menjadi salah satu faktor yang menentukan capaian kinerja madrasah dalam memenuhi standar pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi dan indikator kinerja guru, selanjutnya menganalisis kontribusi variabel kinerja guru terhadap mutu pendidikan madrasah. Sampel penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah swasta di kabupaten Jepara. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling sebanyak 178 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis konfirmasi faktor pada pemodelan struktural dengan aplikasi SmartPLS.30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kinerja guru direfleksikan dengan baik pada empat dimensi pembentuk, yaitu dimensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Dimensi profesional dan kepribadian guru memiliki kontribusi yang kuat dalam memprediksi peningkatan capaian standar mutu madrasah. Secara keseluruhan indikator pada variabel kinerja guru memiliki kontribusi yang signifikan terhadap capaian mutu pendidikan madrasah dengan nilai koefisien jalur adalah 0,494 atau sebesar 49,4% dipengaruhi oleh kinerja guru.
Copyrights © 2022