JRMB (JURNAL RISET MANAJEMEN & BISNIS)
Vol 4, No 2 (2019): November

PENGARUH MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SOSRO PADA PT MEDAN SUMBER ALAM SEMESTA MEDAN

Andre Fitriano (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan Sosro pada PT. Medan Sumber Alam Semesta Medan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sifat penelitian hubungan kausal. Populasi pada penelitian ini adalah 236 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin di dapat sampel penelitian sebanyak 148 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling sedangkan sebanyak 30 responden untuk pengujian validitas dan reliabilitas diambil dari diluar jumlah sampel. Untuk mengetahui hubungan variabel independen terhadap dependen dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan merek dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Sosro pada PT. Medan Sumber Alam Semesta Medan dengan Fhitung = 13,666 Ftabel = 3,06 dan signifikansi 0,000 0,05. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Sosro dengan nilai thitung ttabel atau 4,361 1,97646. Secara parsial kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Sosro dengan nilai thitung ttabel atau 2,589 1,97646. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan 14,7% dari variasi variabel loyalitas pelanggan Sosro dipengaruhi oleh merek dan kualitas layanan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis) menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan ...