Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2021): November 2021

META-ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA

Yeniarse Pedja Rohi (Universitas Nusa Cendana)
Christine K. Ekowati (Unknown)
Damianus D. Samo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa dan perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matemati siswa ditinjau dari jenis berpikir matematis, jenjang pendidikan, dan tahun penelitian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan meta-analisis. Metode yang digunakan adalah survei dengan sampel 42 artikel penelitian eksperimen. Hasil analisis secara keseluruhan rata-rata besar pengaruh penggunaan problem based learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan berpikir matematis siswa yaitu sebesar 0,86. Selain itu, hasil uji hipotesis perbedaan pengaruh berdasarkan jenis berpikir matematis memberikan hasil signifikansi , dan perbedaan pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan memberikan hasil , sehingga tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa jika ditinjau berdasarkan jenis berpikir matematis dan jenjang pendidikan, sedangkan perbedaan pengaruh berdasarkan tahun penelitian memberikan hasil , ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir matematis siswa ditinjau dari tahun penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fraktal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal ilmiah dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup ...