Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Afriane Debora Tumembow (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Mario Tulenan Parinsi (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tondano sebanyak 231 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang, didapat dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa. Besar sumbangan pembelajaran daring terhadap prestasi sebesar 74,1% dan sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Hasil uji t ditemukan bahwa > (13,942 > 1,295) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap pretasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...