Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
Vol 2 No 1 (2020): Pengembangan Kapasitas Guru Melalui Berbagai Pelatihan

Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Bagi Guru-Guru Sejarah Se-Kota Lubuklinggau

Adhitya Rol Asmi (Sriwijaya University)
Syarifuddin Syarifuddin (Sriwijaya University)
Yunani Yunani (Sriwijaya University)
Alian Alian (Sriwijaya University)
Aulia Novemy Dhita SBK (Sriwijaya University)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2020

Abstract

Guru adalah estafet pendidikan di sekolah. Dalam proses pembelajaran guru harus memiliki ijazah pendidik sesuai dengan Undang-Undang No. 4 Tahun 2015. Untuk menjaga amanah, ada beberapa aspek penilaian yang harus dipenuhi oleh guru yaitu asesmen portofolio. Salah satu penilaian portofolio yang bisa diselesaikan oleh guru adalah buku teks. Pelatihan buku teks dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Nomor 1 Kota Lubuklinggau, 5-6 September 2019. Peserta pelatihan terdiri dari seluruh mata pelajaran sejarah SMA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah di Kota Lubuklinggau. Pelatihan diawali dengan diskusi tentang kompetensi guru dan buku teks, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Selain itu, dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui perbandingan pengetahuan guru, sebelum dan sesudah diskusi buku teks. Dari hasil pre-tes diketahui skor pengetahuan awal peserta adalah 5, sedangkan dari hasil post-tes skor pengetahuan peserta menjadi 6,27. Ada perbedaan 1,27. Artinya ada peningkatan pengetahuan peserta tentang buku teks, setelah nara sumber melakukan sosialisasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

panjar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ...