JIMEBIS
Vol 1 No 2 (2020)

PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO RIYADH STORE DI BANDA ACEH

Thursina Thursina (Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry)
Zaki Fuad (Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry)
Hafidhah Hafidhah (Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Etika bisnis Islam dapat digunakan sebagai salah satu dimensi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh etika bisnis Islam yang diterapkan oleh toko Riyadh Store terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang diambil pada penelitian ini adalah keadilan, kejujuran dan kepercayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu seluruh pelanggan toko Riyadh Store di Banda Aceh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan langsung daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan, kejujuran dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara parsial hanya variabel kejujuran dan kepercayaan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel keadilan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIMEBIS

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIMEBIS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam is a Scientific Journal of Islamic Economics and Business dedicated for students’ article co-authored with lecturers. The articles published in this journal is based on scientific research done during the study and discuss Islamic economics ...