Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika
Vol 3 No 2 (2021): Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika (SJPIF)

Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pada Pembelajaran Daring Di MA Hidayatul Insan

Nurhikmah Amalia (Unknown)
Mukhlis Rohmadi (Unknown)
Hadma Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

COVID-19 menghentikan sementara kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang mengharuskan siswa belajar di rumah demi keselamatan dan kesehatan. Upaya yang dilakukan adalah mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran daring menggunakan teknologi modern dengan mengembangkan pembelajaran berbasis internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana motivasi belajar siswa pembelajaran daring (2) bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel secara purposive sampling, sampel yang digunakan adalah kelas X MA Hidayatul Insan Palangka Raya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring diperoleh sebanyak 80% siswa pada kategori sedang dan 20% memiliki motivasi belajar siswa dengan kategori rendah. Dari analisis data di atas menunjukkan bahwa rata-rata motivasi siswa tergolong pada kategori sedang dengan jumlah rata-rata sebesar 68,2. Dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dan 7 orang siswa sudah tuntas pada pembelajaran daring. Dengan persentase ketuntasan 70% dan rata-rata keseluruhan skor siswa adalah 77,3.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SJPIF

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to : Fisika (Physics) Pendidikan Fisika (Physics Education) Fisika Komputasi (Computational Physics) Fisika Eksperimen Fisika Teori Astronomi ...