J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): J-PiMat

Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Hadidi Hadidi (STKIP Persada khatulistiwa Sintang)
Beni Setiawan (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan media pembelajaran e-learning berbasis google sites ditinjau dari hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Sintang kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilakukan pada siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen menggunakan media web berbasis google sites dan VIIIB sebagai kelas kontrol menggunakan group whatsapp di SMP Negeri 4 sintang, semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal sebanyak 15 soal pilihan ganda dan angket respon untuk melihat respon siswa terhadap media web berbasis google sites. Hasil penelitian ini ditinjau dari perhitungan pretest dan posttest dari kedua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pretest menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda dilihat dari nilai rata yakni 57,26 dan 54,60. Sedangkan pada posttest hasil belajar menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan tes akhir dimana nilai rata kelas eksperimen sebesar 54,18 sedangkan kelas kontrol sebesar 29,13

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...