Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business
Vol 3, No 2 (2021)

Analisis Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran pada Beberapa Perusahaan di Kota Palopo

Jabaluddin - Hamud (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)
Mujahidin Mujahidin (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

AbstrakKomunikasi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pemasaran dari suatu perusahaan, karena komunikasi pemasaran berfungsi untuk memperkenalkan, menginformasikan, menawarkan, memengaruhi, dan mempertahankan tingkah laku membeli dari konsumen dan pelanggan potensial perusahaan.  Setiap perusahaan berusaha untuk mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran yang terbaik guna mempengaruhi keputusan pembelian dari calon konsumen.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dilakukan pada beberapa perusahaan di kota Palopo dengan menggunakan sampel 50 perusahaan dari 1292 perusahaan yang ada (Palopo dalam angka 2021). Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan dan bauran komunikasi pemasaran yang paling dominan digunakan oleh beberapa perusahaan di kota Palopo.Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa semua elemen bauran komunikasi pemasaran digunakan oleh perusahaan yang ada di kota Palopo sedangkan bauran komunikasi pemasaran yang paling dominan digunakan oleh perusahaan adalah bauran promosi penjualan (sales promotion), sedangkan bauran yang paling jarang digunakan adalah bauran hubungan masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alkharaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-Kharaj, Journal of Islamic Economic and Business is peer-reviewed journal published by program studi ekonomi syariah , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Al-Kharaj focus on the research of Islamic Economic and Business. The aims of this journal is to explore and develop economic related ...