Jurnal Sitakara
Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Sitakara

MEMBACA NOTASI BALOK PADA LAGU APUSE DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN

Silo Siswanto (Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Irfan Kurniawan (Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penenlitian ini adalah penelitian deskriptif tentang proses Pelaksanaan Pembelajaran Notasi Balok. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengungkap bagaimana proses pembelajaran membaca notasi balik Pada Lagu Apuse. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakaukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis  secara cermat dengan memperhatikan, memeriksa, mempelajari, membandingkan data yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini adalah uraian tentang perencanaan pembelajaran membaca notasi balok, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi langkah-langkah dan metode pembelajaran serta penyajian materi pembelajaran membaca notasi balok, dan evaluasi pembelajaran berupa tes praktik membaca notasi balok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca notasi balok lagu Apuse pada siswa berjalan dengan baik, dengan nilai mahasiswa diatas KKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...