Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan siswa tentang Fungsi linear terhadap hasil belajar Statistik Ekonomi II Pendidikan Ekonomi IPTS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yakni untuk melihat pengaruh gambaran kedua variabel. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS. Panyabungan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 49 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik total sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara total sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 49 orang. Dari perhitungan penelitian diperoleh rata-rata Penguasaan Fungsi linear Permintaan 72,93. Jika diinterpretasikan dengan kriteria penilaian berada pada kategori “Baik”. Sedangkan Hasil Belajar Ekonomi pada Materi Permintaan memiliki nilai rata-rata 74,57 berada pada kategori “Baik”.Dari hasil analisis pada pengujian hipotesis diperoleh t-test 20,08 dan ttabel 1,684 pada taraf kebebasan (dk) = 49 – 2 = 47 pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5%. Berdasarkan hasil perbandingan nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui. Artinya, terdapat Pengaruh yang Signifikan antara Penguasaan Fungsi linear terhadap hasil Statistik Ekonomi II Pendidikan Ekonomi IPTS.
Copyrights © 2021